Bentuk otak bisa berubah akibat penggunaan smartphone

Bentuk otak bisa berubah akibat penggunaan smartphone

Dampak negatif penggunaan Smartphone

Saat ini, penggunaan handphone atau smartphone sudah hampir tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Bahkan smartphone sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang sudah tidak bisa dilepaskan dari genggaman.

Namun, taukah Anda bahwa penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan dapat berakibat buruk bagi keseehatan dan bentuk otak. Seperti yang telah dilansir oleh dailymail.co.uk, penggunaan smaartphone dengan mode layar sentuh secara berlebihan dapat mengakibatan perubahan ukuran dan bentuk otak yang disebut dengan somatosensory cortex, yang merupakan pengenddadli jempol.

"Saat Anda menggunakan smartphone dengan model layar sentuh, maka bagian otak yang berperan dalam mengendalikan sentuhan di ujung jari jempol akan bergerak dengan lebih aktif. Sehingga hal ini akan membuat bagian otak yang disebut dengan somatosensory cortex bertumbuh lebih pesat daripada bagian otak lainnya," yang dikatakan oleh Dr Arko Ghosh, peneliti dari University of Zurich di Swiss. "Tanpa Anda sadari perubahan ini mampu membawa dampak buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan rasa sakit, kejang, dan gangguan dalam gerakan kognitif seperti dystonia."

Jadi, dengan mengetahui hasil dari penelitian terssebut. Diharapkan kita untuk dapat menggunakan smartphone secara bijak, jangan sampai kemajuan teknologi maalah berdampak negatif bagi kesehatan kita (Merdeka)

Jangan lewatkan:

Latest
Previous
Next Post »